IsLam inSide

IsLam inSide

Rabu, 27 April 2011

Cramer -->Aturan Cramer (Cramer's Rule)

Aturan Cramer, dimukan oleh Gabriel Cramer (1704-1752). Ia adalh seorang ahli matematika Swiss. Meski Cramer tidak digolongkan sebagai ahli matematika terbesar pada zamannya, tetapi kontribusinya sebagai pemilah gagasan-gagasan matemtika telah memberinya tempat terhormat dalam sejarah matematika. Cramer melakukan banyak perjalanan dan bertemu dengan banyak ahli matematika terkemuka pada masa itu.

Hasil karya Cramer yang paling dikenal adalah Introduction a l'analyse des lignes courbes algebriques (1750), yang merupakan studi dan klasifikasi kurva-kurva aljabar di mana aturan Cramer muncul pada lampirannya. Meskipun aturan ini menggunakan namanya, tetapi berbagai gagasan telah dirumuskan sebelumnya oleh banyak ahli matematika. Namun demikian, catatan penting Cramerlah yang membantu memperjelas dan mempopulerkan teknik ini.

Kematiannya pada usia 48 tahun disebabkan kerja terlalu keras dan kecelakaan akibat terjatuh dar kereta. Cramer adalah orang yang baik dan menyenangkan dan mempunyai minat yang luas. Ia bekerja pada kantor pemerintah dan berpartisipasi di angkatan bersenjata di bagian artileri dan kegiatan pembentengan pemerintah. Ia juga menjadi instruktur bagi para pekerja mengenai teknik perbaikan katedral dan melakukan penggalian peninggalan katedral. Cramer menerima banyak gelar kehormatan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukannya.

Referensi(Howard Anton, Chriss Rorres, 2004, Aljabar Linear Elementer Versi Aplikasi Ed.8/Jilid 1, Erlangga., Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar